Oleh: Joe | 19/10/2009

Ajibarang Purwokerto


ajibarang-purwokertoAJIBARANG-PURWOKERTO

Ajibarang merupakan salah satu kecamatan di kabupaten Banyumas yang terletak di bagian barat kabupaten Banyumas. Kecamatan Ajibarang mempunyai letak geografis yang berada didaerah yang berbukit dan bergunung. Mata pencarian para warga di daerah ini adalah bertani dan berdagang, selain itu juga karena daerahnya yang berbukit, daerah ini merupakan daerah penghasil batu kapur. Sebagian besar warganya juga banyak yang bermata pencarian sebagai penambang batu kapur. Daerah penghasil batu kapur ini berpusat di desa Darma kradenan. Desa ini terletak beberapa kilometer dari pusat Kecamatan Ajibarang, Butuh waktu sekitar 15 menit dari pusat kota Ajibarang untuk mencapai desa ini, letak geografisnya yang bergunung membuat jalan menuju ke desa ini cukup banyak terdapat tanjakan, turunan yang berkelok-kelok serta pemandangan tempat pembakaran/pengolahan batu kapur sepanjang jalan. Selain terkenal sebagai daerah penghasil batu kapur, Desa Darmakradenan juga memiliki beberapa obyek wisata goa. Ada puluhan goa- goa yang terdapat di daerah ini. Namun diantara puluhan goa-goa yang ditemukan tersebut, ada 7 goa yang dikembangkan serius, Adapun 7 goa tersebut adalah : Goa Kemit, Goa Sumur, Goa Barat, Goa Lawa, Goa Kromong, Goa Lawang dan Goa Mall.

Jarak antara Goa yang terdekat yaitu Goa Kemit dengan Goa yang terjauh yaitu Goa Kromong yang berjarak sekitar 4 Km. Jadi hanya dengan berjalan sejauh itu kita sudah dapat melihat ketujuh Goa tersebut. Kalau hanya ingin menikmati salah satu dari ketujuh Goa tersebut, pilih saja Goa Lawa yang berjarak hanya 500 M dari jalan raya, Goa lawang yang berjarak hanya 1 Km dari jalan raya, atau yang terindah tetapi sedikit lebih jauh yaitu Goa Mall yang berjarak sekitar 2 Km dari jalan raya.

Pintu masuk sekaligus pintu keluar utama kawasan Goa Darmakradenan berada di Dusun Karangbawang. Letaknya sangat stategis, karena terletak pada persimpangan jalan yang menghubungkan antara kota Ajibarang kearah Wangon atau sebaliknya. Akses menuju pintu masuk ataupun pintu keluar cukup mudah dan jalannyapun cukup baik, dengan permukaan jalan yang berupa jalan beraspal dengan kondisi jalan yang masih naik dan cukup lebar. Tetapi begitu menuju kearah barat (Kearah kawasan Goa) topografinya tidak merata (berombak-berbukit). Dan situlah sebenarnya tantangan itu sudah terasa. Selain jalan utama tersebut, Dapat juga ditempuh melalui jalur selatan yaitu Lumbir, Namun jalur tersebut hanya cocok bagi anda yang menyukai tantangan.

About these ads

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: